Iqro Club Mataram, The New Moslem Generation
iqro club kota mataram. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Assalamualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh, Selamat Membaca Artikel IC Mataram

Selasa, 30 November 2010

Tutur Kata Rasulullah

Penuturan 'Aisyah radhiyallahu anha: "Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam tidaklah berbicara seperti yang biasa kamu lakukan (yaitu berbicara dengan nada cepat). Namun beliau Shallallaahu alaihi wa Salam berbicara dengan nada perlahan dan dengan perkataan yang jelas dan terang lagi mudah dihafal oleh orang yang mendengarnya." (HR. Abu Daud). Beliau adalah seorang yang rendah hati lagi lemah lembut, sangat senang jika perkataannya dapat dipahami. Di antara bentuk kepedulian beliau terhadap umat ialah dengan memperhatikan tingkatan-tingkatan intelektualitas dan pemahaman mereka di dalam berkomunikasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa beliau adalah seorang yang sangat penyantun lagi sabar.

Diriwayatkan dari 'Aiysahradhiyallahu 'anha bahwa ia berkata: "Tutur kata Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam sangat teratur, untaian demi untaian kalimat tersusun dengan rapi, sehingga mudah dipahami oleh orang yang mendengarkannya." (HR. Abu Daud).

Cobalah perhatikan kelemahlembutan dan keluasan hati Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam, beliau sudi mengulangi perkataan agar dapat dipahami!

Anas bin Malik Radhiyallahu anhu mengungkapkan kepada kita: "Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam sering mengulangi perkataannya tiga kali agar dapat dipahami." (HR. Al-Bukhari).

Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam selalu berlaku lemah lembut kepada orang lain. Dengan sikap seperti itulah orang-orang menjadi takut, segan serta hormat kepada beliau!
Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu anhu ia berkata: Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam . Beliau mengajak laki-laki itu berbicara sehingga membuatnya menggigil ketakutan. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam berkata kepadanya: "Tenangkanlah dirimu! Sesungguhnya aku bukanlah seorang raja. Aku hanyalah putra seorang wanita yang biasa memakan dendeng." (HR. Ibnu Majah).

sumber : alsofwah.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkatalah Yang Baik Atau Diam.

Powered By Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...